Hadapi Normal Baru dengan Masker Wajah “Kompas”

Tahun ini Harian Kompas memasuki usia 55 tahun. Pencapaian usia pun tak semata-mata sebagai perayaan. Harian Kompas hadir sebagai #KawandalamPerubahan, menemani dan mengajak para pembaca untuk siap menghadapi perubahan.

Tahun ini Harian Kompas memasuki usia 55 tahun. Pencapaian usia pun tak semata-mata sebagai perayaan. Momen ini menjadi pengingat atas rangkaian perjalanan yang mencatat peristiwa bangsa dan dunia. Merekam perubahan dari setiap masa.

Dalam rangka momen hari ulang tahun ke-55, Harian Kompas mempersembahkan edisi spesial pada 28 Juni 2020. Dengan tampilan koran yang didesain secara khusus, edisi ini menjadi referensi bagi pembaca dalam menghadapi masa kenormalan baru. Harian Kompas hadir sebagai #KawandalamPerubahan, menemani dan mengajak para pembaca untuk siap menghadapi perubahan.

Halaman muka Kompas edisi HUT ke-55

Jadilah #KawandalamPerubahan dan hadapi normal baru dengan masker wajah Kompas. Ikuti panduan berikut ini.

  1. Unduh pola halaman depan koran Kompas edisi 28 Juni 2020 di sini.
  2. Setelah mengunduh pola koran halaman depan, pola akan tersimpan di galeri ponsel Anda.
  3. Siapkan foto wajah Anda yang akan ditempelkan dengan pola halaman depan koran. Agar lebih mudah, pilih foto berformat kotak (square).
  4. Pastikan wajah Anda mengarah ke depan.
  5. Bukalah aplikasi edit foto di ponsel untuk menempelkan foto Anda dengan pola koran. Pengguna iOS dan Android dapat menggunakan aplikasi PicsArt.
  6. Setelah mengunduh dan membuka aplikasi PicsArt, pilih simbol tambah (+) di bagian tengah bawah untuk memasukkan foto.
  7. Pilih lebih dulu foto wajah diri Anda.
  8. Lalu, pilih menu “Tambah Foto” atau “Add Photo”.
    Tambahkan pola halaman depan koran Kompas yang telah diunduh sebelumnya.
  9. Sesuaikan kembali posisi pola koran dengan foto diri Anda.
  10. Jika posisi foto sudah sesuai dan pas, simpanlah foto dengan memilih “Next” di pojok kanan atas, lalu pilih “Simpan” atau “Save”.
  11. Unggah foto hasil akhir di akun Instagram dan ceritakanlah di takarir (caption) tentang cara Anda beradaptasi memasuki normal baru. Jangan lupa menyebut (mention) @hariankompas sertakan juga tagar #Kompas55 dan #KawandalamPerubahan.
  12. Sebagai bentuk apresiasi, tim Harian Kompas akan memilih 10 pengirim foto dengan cerita menarik. Masing-masing pengirim foto terpilih akan mendapatkan voucer belanja Lottemart senilai Rp 550.000 dan merchandise Harian Kompas.
  13. Pastikan akun Instagram Anda tidak dalam mode privat.
  14. Periode pengiriman foto: 28 Juni-3 Juli 2020.
  15. Pengumuman akan dipublikasikan di Harian Kompas edisi 9 Juli 2020.
  16. Pihak Harian Kompas berhak menggunakan kiriman foto yang diterima untuk dipublikasikan kembali di lembar koran.
  17. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Tak hanya mengajak pembaca berbagi cerita tentang cara beradaptasi memasuki normal baru, Harian Kompas juga akan memberikan apresiasi bagi 10 pengirim foto terpilih. Masing-masing pengirim foto terpilih akan mendapatkan voucer belanja dan merchandise Harian Kompas. Jadi, bersiaplah untuk bercerita.

Saatnya menjadi #KawandalamPerubahan. Kita bersama-sama menjadi kawan yang siap beradaptasi dan berkolaborasi memasuki normal baru.

Unduh Pola Halaman Kompas

Kerabat Kerja

Penyusun: Tarrence Palar, Cecilia Gandes PW, Abigail Pinkan Tridjalmo Achti, Septa Inigopatria | Desainer & Pengembang: Ria Chandra, Rino Dwi Cahyo, Frans Yakobus Suryapradipta, Yosef Yudha Wijaya

Suka dengan tulisan yang Anda baca?

Nikmati tulisan lainnya dalam rubrik Tutur Visual di bawah ini.