Hidup Seimbang, Anak Berkembang

Dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional tahun 2021, Harian Kompas menerbitkan TTS Hari Anak Nasional yang ditujukan sebagai medium berkreasi keluarga.

Saat pandemi merajalela, ruang lingkup gerak dan ekspresi anak pun menjadi hanya sebatas pada dinding-dinding rumah. Pada kenyataannya, anak-anak dan remaja menjadi salah satu kelompok yang paling rentan terdampak oleh Covid-19—tidak hanya risiko tertular secara fisik, tetapi juga tertekan secara psikologis.

Menghadapi hal ini, peran orangtua dalam berinteraksi sangat penting bagi anak. Kreativitas orangtua menjadi tumpuan utama agar anak tetap ceria dan bergaul dengan orang-orang di sekitar. Hal ini dapat direalisasikan melalui metode pembelajaran interaktif maupun permainan yang mengasah kecerdasan.

Dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional tahun 2021, Harian Kompas menerbitkan TTS Kompas edisi Hari Anak Nasional yang ditujukan sebagai medium berkreasi keluarga. Hadir dalam lembar koran dan digital, orangtua diajak untuk turut mengisi teka-teki silang (TTS) bersama si buah hati di rumah saja.

TTS Kompas edisi Hari Anak Nasional mengangkat tema “Hidup Seimbang, Anak Berkembang” yang familier dengan anak-anak. Setelah mengisi TTS Kompas, hasil karya anak bersama orang tua dapat dibagikan di media sosial sembari menyertakan cerita tentang kolaborasi seru mereka.

Marilah kita tetap menjadi #KawandalamPerubahan dengan sepenuh hati memberikan ruang kreasi dan ekspresi bagi para calon pemimpin muda melalui #AnakPedulidiMasaPandemi. Ikuti panduan berikut ini:

  1. Dapatkan koran Kompas edisi Hari Anak Nasional 25 Juli 2021. Anda dan Buah Hati dapat mengisi TTS langsung di lembar koran tersebut.
  2. Anda juga dapat berpartisipasi dengan mengunduh pola TTS digital di sini dan daftar pertanyaannya di sini. Anda dapat mengisinya menggunakan WhatsApp atau aplikasi editor foto lain (PicsArt, Photoscape, PicSay, dan sebagainya).
  3. Ikuti panduan mengisi TTS Hari Anak Nasional pada Video Tutorial di atas.
  4. Unggah foto momen kebersamaan Anda bersama buah hati serta hasil akhir TTS dalam bentuk foto atau screenshot (jika menggunakan WhatsApp atau aplikasi editor foto)  di akun Instagram atau Twitter pribadi Anda dalam 1 unggahan (carousel). Akun tidak dalam mode privat.
  5. Tulis takarir (caption) menarik yang berisi tentang keseruan anak bersama anggota keluarga saat mengisi TTS, mention @hariankompas, dan sertakan tagar #TTSBuahHati #KawandalamPerubahan.
  6. Periode unggah 25-31 Juli 2021.
  7. Pengumuman akan dipublikasikan pada Harian Kompas edisi 11 Agustus 2021. 
  8. Hasil karya peserta akan dikurasi oleh tim Harian Kompas dan keputusan tidak dapat diganggu gugat.
  9. Pihak Harian Kompas berhak menggunakan kiriman foto yang diterima untuk dipublikasikan kembali di lembar koran Kompas.
  10. Sebagai bentuk apresiasi, 10 pengirim dengan cerita paling menarik masing-masing akan mendapatkan voucer Gramedia Rp 200.000, voucer Tokopedia senilai Rp 300.000, buku dari Penerbit Buku Kompas, dan merchandise Kompas.

Selamat mengisi dan berkreasi bersama Si Buah Hati!

 

Kerabat Kerja

Produser: Septa Inigo Patria, Farida Wiryandani | Penyusun: Tarrence K. Palar, Aisyah Rofiatun Ilmani, Abigail Pinkan Tridjalmo Achti, Priyanto, Tashia Maharani, Bayu Ananda Putra, Angely Bukit, Karen Fahira, Theresia Sekar Prabawati, Agnes Monica Phan | Desainer Grafis: Pandu Lazuardy Patriari, Hari Songko, Naufal Nabawi, Salomo L. Tobing | Penyusun Teka Teki Silang: Umar Surya Hadiwijaya, Chris Verdiansyah | Ilustrator: Supriyanto | Desainer & Pengembang: Ria Chandra, Rino Dwi Cahyo, Frans Yakobus Suryapradipta, Yosef Yudha Wijaya

Suka dengan tulisan yang Anda baca?

Nikmati tulisan lainnya dalam rubrik Tutur Visual di bawah ini.