Inacoin

Kesuksesan Bitcoin di pasar kripto global turut mendorong Iwan Kurniawan, mantan pemain MLM asal Kabupaten Bogor, Jawa Barat membuat aset digital bernama Inacoin pada tahun 2018. Dalam sebuah tayangan di channel Youtube, Iwan menyebutkan bahwa Inacoin adalah aset digital berbasis blockchain seperti halnya Bitcoin.

Pada video yang diunggah bulan Mei 2019 tersebut, Inacoin diklaim memiliki potensi pertumbuhan yang menjanjikan. Sebagai contoh, nilai Inacoin yang pada Mei 2018 sebesar Rp 15.000 per koin, naik menjadi Rp 585.000 hanya dalam kurun waktu satu tahun kala itu.

Hal ini juga diakui oleh Nurul, salah satu pemilik Inacoin asal Sidoarjo, Jawa Timur. Pria yang mengenal Inacoin sejak tahun 2019 ini membeli Inacoin di harga Rp 480.000 per koin. Leader yang dia temui kala itu menjanjikan Inacoin akan bernilai 1.000 dolar AS atau sekitar Rp 14 juta pada tahun 2020. Hanya saja, penjelasan mengenai proses kenaikan tersebut tidak pernah Nurul dapatkan dari leader.

Sementara itu, dalam kurun waktu tersebut para pemegang koin hanya dapat membeli koin tanpa diperbolehkan menjualnya. Pembelian koin juga hanya bisa dilakukan melalui para leader. “Enggak bisa dijual. Nanti ada waktunya untuk dijual bareng kata mereka,” ungkap Nurul.

KOMPAS/FRD
Pendiri Inacoin, Iwan Kurniawan saat bercerita mengenai konsep proyek Inacoin yang dia ciptakan di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Senin (27/12/2021).

Belum sempat koin tersebut dijual, konflik justru terjadi di jajaran direksi Inacoin. Iwan Kurniawan selaku kreator mengaku didepak dari Inacoin. Dia kemudian membuat kripto baru bernama Cicoin dan mengajak para anggota Inacoin untuk memindahkan koin mereka ke core wallet Cicoin. Sementara nilai Inacoin yang mencapai Rp 4,7 juta seketika anjlok menjadi sekitar Rp 250 saat dipindahkan ke Cicoin. Para anggota terpaksa harus merugi.

Saat dijumpai, Iwan menjelaskan bahwa Inacoin sebenarnya adalah aset digital yang belum memiliki blockchain. Blockchain tersebut baru dibuat saat memperkenalkan Cicoin. Pernyataan ini jelas berbeda dari yang dia sampaikan melalui tayangan Youtube dua tahun silam, bahwa Inacoin adalah kripto berbasis blockchain.

Sementara terkait dengan nilai Inacoin yang digadang-gadang akan mencapai 1.000 dolar AS pada 2020, menurutnya hal itu hanyalah strategi para leader untuk menggaet calon pembeli koin sebanyak mungkin. “Itu bahasa mereka. Saya tidak bisa melarang karena bukan saya yang membayar mereka,” katanya.

Iwan juga mengenal nama-nama kreator money game di komunitas MLM. Sebut saja kreator GainMax yang orang ketahui berasal dari luar negeri. Iwan menyebut GainMax ini dibuat oleh orang Indonesia yang sebenarnya dia kenal.

Unduh Pola Halaman Kompas