Kilang Gula, Cikal Bakal Industri Batavia

Industri gula adalah sumber keuangan utama kota Batavia era VOC (Kompeni Dagang Belanda) pada abad ke-17 hingga paruh pertama abad ke-18. Semasa itu, gula dan produk olahan diekspor dari Batavia ke Asia Selatan, Asia Barat, hingga Eropa.

Semasa VOC berkuasa, gula adalah salah satu komoditas penting dari kota Batavia, seperti diungkapkan Mona Lohanda, sejarawan dari Arsip Nasional RI. Penggilingan dan pemasakan gula (suiker molen) berkembang di sepanjang alur sungai di wilayah Ommelanden (luar tembok kota) atau di luar Intramuros yang merupakan bagian dalam Kastil Batavia. Wilayah ini kini bagian dari Kota Tua di dekat Stasiun Beos dan Museum Fatahillah.

Bak jamur di musim hujan, suiker molen berkembang di sepanjang alur sungai karena menggunakan kincir untuk menggerakkan penggilingan air. Pengangkutan bahan baku kayu bakar untuk tungku pemasak dan pengangkutan komoditas gula juga lewat sungai. Air menjadi urat nadi lalu lintas dan perekonomian Batavia ketika itu.

DOK RIJKMUSEUM
Foto lukisan karya Adrianus Jonannes Bik “The Sugar Factory in Serpong” atau Pabrik Gula di Serpong. Lukisan koleksi Rijk Museum Belanda dengan nomor obyek RP-P-OB-40.413.

Topografi kota Batavia dengan belasan sungai dan dataran rendah berawa memang mirip dengan topografi negeri Belanda sehingga VOC terbiasa dan mudah mengatur wilayah Batavia yang dialiri sungai-sungai besar, yakni Kali Cisadane, Ciliwung, dan Kali Bekasi di timur yang merupakan pertemuan Kali Cikeas dan Kali Cileungsi.

START: PAYWALL
Beli Kompas.id, Main ke Toko Buku Kemudian!
https://interaktif.kompas.id/wp-content/uploads/sites/316/2019/09/Banner-Bebas-Akses-392x221pixel-Kompasid-x-Gramedia-CETAR-Agustus-2019.jpg
END: PAYWALL

Kerabat Kerja

Penulis: Iwan Santosa | Fotografer: Eddy Hasby | Pengolah foto: Toto Sihono | Penyelaras bahasa: Didik Durianto | Produser: Sri Rejeki | Desainer & Pengembang: Ria Chandra, Rino Dwi Cahyo, Frans Yakobus Suryapradipta, Yosef Yudha Wijaya

Menikmati Tutur Visual?

Baca Juga Tutur Visual Lainnya Yang Mungkin Anda Sukai