Menara Ikonik TVRI

Menara TVRI yang dibangun pada April 1975 dan selesai pada Agustus 1977, menghabiskan biaya Rp 379 juta saat itu. Menara itu dirancang Wiratman Wangsadinata dan tim arsitek Yodya Karya, bekerja sama dengan RBW Consulting Engineer. Pembangunannya digarap Waskita Kajima yang dipimpin Ir M Arifin. Kompleks studio yang baru dan menara diresmikan pada 24 Agustus 1982. Saat ini, Menara TVRI tidak digunakan lagi, karena sudah ada menara baru yang dibangun di wilayah Joglo, Jakarta Barat.

 

 

 

 

 

Pembangunan Menara TVRI menggunakan sistem slip-form, yaitu memindahkan form work ke ketinggian berikutnya dengan singkat, Pengecoran dilakukan tanpa menunggu beton mengeras. Metode ini pertama digunakan untuk pembangunan sebuah menara di Indonesia saat itu.

 

 

Perbandingan Menara TVRI dengan Beberapa Bangunan Lain

Kerabat Kerja

Produser: Novan Nugrahadi, Pandu Lazuardy Patriari | Infografik: Dimas Tri Adiyanto, Dicky Indratno, Tiurma Clara Jessica, Arie Nugroho | Penyelaras Bahasa: Lucia Dwi Puspita Sari | Desainer & Pengembang: Ria Chandra, Rino Dwi Cahyo, Frans Yakobus Suryapradipta, Yosef Yudha Wijaya, Deny Ramanda

Suka dengan tulisan yang Anda baca?

Nikmati tulisan lainnya dalam rubrik Infografik Interaktif di bawah ini.