Pencak Silat Bukan Sekadar Ciat-ciat…

Pencak silat adalah istilah untuk mengidentifikasi gabungan dari seni bela diri yang berkembang di kepulauan Nusantara. Beberapa daerah secara tradisional telah mengembangkan gaya dan jurus unik bela diri ini, antara lain Silek Minangkabau dari Sumatera Barat, Maen Pukulan Betawi, Maenpo Sunda dari Jawa Barat, serta berbagai perguruan pencak silat di Jawa, Bali, dan berbagai pulau lain di Indonesia. Tradisi silat juga berkembang di negara tetangga, seperti Malaysia, Brunei, dan Singapura.

Pengembangan pencak silat pada beberapa daerah di Nusantara

 

 

Pencak silat adalah bela diri yang kaya dan cukup lengkap. Tidak hanya mengandalkan bela diri tangan kosong, pencak silat juga memungkinkan pesilat menggunakan berbagai jenis senjata. Kebanyakan senjata dalam pencak silat adalah senjata yang secara tradisional telah digunakan dan berkembang dalam kebudayaan berbagai suku bangsa di Nusantara. Senjata yang istimewa antara lain kerambit dari Minangkabau, badik dari Bugis-Makassar, kujang Sunda, serta keris dari Jawa.

 

Pencak silat dipertandingkan pada gelaran olahraga internasional. Pencak silat pertama kali dipertandingkan pada gelaran SEA Games 1987 dan Asian Games 2018, keduanya digelar di Jakarta, Indonesia.

 

 

Kerabat Kerja

Produser: Pandu Lazuardy Patriari | Infografik: Gunawan Kartapranata | Penulis: Gunawan Kartapranata | Desainer & Pengembang: Ria Chandra, Rino Dwi Cahyo, Frans Yakobus Suryapradipta, Yosef Yudha Wijaya, Deny Ramanda

Suka dengan tulisan yang Anda baca?

Nikmati tulisan lainnya dalam rubrik Infografik Interaktif di bawah ini.