Penularan Covid-19 di Ruang Tertutup

Kembali pulihnya aktivitas perkantoran memunculkan sejumlah kelompok orang yang terpapar virus korona. Akhir Juli 2020, tercatat 59 kluster perkantoran di Jakarta dengan 375 kasus positif Covid-19. Pada awal pandemi Covid-19, di Korea Selatan dan China terdapat beberapa kasus penularan secara masif di ruang tertutup. Sistem sirkulasi penyejuk udara yang tertutup dan panjangnya durasi keberadaan sekelompok orang menjadi penyebab utama meningkatnya risiko penularan.

 

 

 

 

Penularan Covid-19 berdasarkan keberadaaan sekelompok orang dalam satu ruang tertutup juga terjadi di sebuah restoran berlantai lima di Guangzhou, China. Sembilan pengunjung terdampak infeksi Covid-19 akibat penularan melalui udara.

 

 

 

 

Penularan Covid-19 tidak hanya di dalam bangunan, tetapi juga bisa ditemui pada kendaraan. Kasus ini terjadi pada sebuah bus berisi rombongan yang beribadah di pelataran kuil di Ningbo, China (19/1/2020).

 

 

 

 

Kerabat Kerja

Produser: Novan Nugrahadi | Infografik: Novan Nugrahadi | Sumber: El Pais, medrxiv.org, SCMP, dan berbagai sumber lainnya | Desainer & Pengembang: Ria Chandra, Rino Dwi Cahyo, Frans Yakobus Suryapradipta, Yosef Yudha Wijaya, Deny Ramanda

Suka dengan tulisan yang Anda baca?

Nikmati tulisan lainnya dalam rubrik Infografik Interaktif di bawah ini.