Swa Energi dengan Limbah Ternak

Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dan berkurangnya cadangan sumber energi berbasis fosil, maka diperlukan alternatif sumber energi baru terbarukan. Salah satu energi biomassa yang mudah diaplikasikan dan ramah lingkungan adalah biogas.

Biogas adalah gas metana (CH4) yang dihasilkan dari proses fermentasi anaerobik dari bahan organik dan memiliki sifat mudah terbakar. Namun, dampak metana lebih berbahaya bagi pemanasan global dibandingkan dengan karbon dioksida (CO2) karena emisi karbon metana tidak terserap oleh tanaman dalam fotosintesis. Pengolahan metana sebagai bahan bakar sangat penting dalam upaya menurunkan efek gas rumah kaca.

Karbon hasil pembakaran biogas yang terlepas di udara dapat digunakan dalam proses fotosintesis tanaman. Karbon biogas juga relatif lebih bersih daripada karbon batubara (karena berasal dari dalam tanah) serta biogas mampu menghasilkan energi panas yang lebih besar.

Kebutuhan Energi Nasional

BOE: setara barel minyak

 

Total konsumsi energi 2018: 114 MTOE (juta ton setara minyak)

 

 

Sejarah Biogas

 

Jenis Reaktor Biogas

 

Kerabat Kerja

Infografik: Andri Reno Susetyo, Arjendro Darpito, Luhur Arsiyanto Putra, Arie Nugroho | Desainer & Pengembang: Ria Chandra, Rino Dwi Cahyo, Frans Yakobus Suryapradipta, Yosef Yudha Wijaya, Deny Ramanda

Suka dengan tulisan yang Anda baca?

Nikmati tulisan lainnya dalam rubrik Infografik Interaktif di bawah ini.