Tradisi Memasak dengan Menggunakan Batang Bambu

Bambu atau biasa disebut buluh oleh orang Minahasa biasa digunakan untuk memasak nasi dan lauk-pauknya seperti ayam, daging, dan sayuran. Memasak menggunakan buluh ini merupakan kekhasan tradisi Minahasa.

Hutan bagi orang Minahasa bagaikan supermarket yang menyediakan kebutuhan pangan. Salah satu kekayaan alamnya berupa melimpahnya tanaman bambu yang dimanfaatkan menjadi alat memasak pengganti wajan dan panci. Bambu atau biasa disebut buluh oleh orang Minahasa biasa digunakan untuk memasak nasi dan lauk-pauknya seperti ayam, daging, dan sayuran. Memasak menggunakan buluh ini merupakan kekhasan tradisi Minahasa dalam khazanah kuliner nusantara yang beragam.

Tradisi memasak dengan menggunakan batang bambu dengan teknik serupa terdapat pada beberapa wilayah di Indonesia. Umumnya untuk memasak nasi lemang. Lemang menyebar di beberapa wilayah, termasuk di negara tetangga.

Orang Minahasa menggunakan bambu untuk memasak menu nasi jaha, pangi, leilem, dan ayam buluh.

 

 

Buluh-buluh dibakar sekitar tiga hingga empat jam hingga aroma harum masakan tercium keluar dari buluh

Kerabat Kerja

Infografik: Pandu Lazuardy Patriari | Produser: Pandu Lazuardy Patriari | Desainer & Pengembang: Ria Chandra, Rino Dwi Cahyo, Frans Yakobus Suryapradipta, Yosef Yudha Wijaya, Deny Ramanda

Suka dengan tulisan yang Anda baca?

Nikmati tulisan lainnya dalam rubrik Infografik Interaktif di bawah ini.