Pilihan untuk pembeli semakin banyak, kreativitas menjadi salah satu kunci keberhasilan disamping kekuatan modal dan kegigihan pemilik usaha. Saat semakin banyak pedagang maka yang harus jadi pertimbangan penting adalah target pembeli dan daya beli. Pedagang juga harus jadi pembeli usaha rumahan lainnya untuk memutar roda perekonomian.
Seperti yang dilakukan Glenn Marsalim, pekerja kreatif yang menjadikan gambar ayam jago dalam mangkok legendaris ini, bisa disulapnya menjadi produk fashion kreatif, seperti
totebag dan scarf/selendang, serta menjadi produk yang nge-hits di kalangan anak muda, bahkan
totebag bergambar ayam jago tersebut dipakai dalam sebuah film.
Pemilik @MGKYM.shop sadar bahwa nostalgia tidak bisa selamanya dijual untuk masa depan. Glenn Marsalim pun berinovasi dengan menciptakan produk MGKYM lainnya dengan motif baru.
Mengintip cerita di balik layar desain MGKYM yang secara garis besar dibagi 3 hal, yaitu:
- Klasik, yang menggunakan desain wastra Indonesia sebagai inspirasinya. Biasanya diluncurkan menjelang Ramadan & Lebaran.
- Indonesia, yang menggunakan kekayaan Indonesia untuk diterapkan dalam desain seperti Rempah dan lirik lagu Ibu Pertiwi. Biasanya diluncurkan bertepatan dengan perayaan HUT kemerdekaan RI 17 Agustus..
- Inovasi, desain dan teknik baru untuk merangkul pembeli yang menyukai eksplorasi dan keluar dari kebakuan.
Dalam situasi pandemi ini pun Glenn tetap berjualan barang yang selama ini dijualnya, seperti masker, baju rumahan, outer, dll, sambil berupaya memenuhi kebutuhan pandemi. Tentunya dengan melakukan kerjasama dengan beberapa usaha rumahan yang terdampak oleh pandemi seperti penjahit rumahan, penyulam, dll.
“Situasi yang menyulitkan semua ini tentu membawa kami untuk lebih banyak membantu sesama semampu kami” Ujarnya. “Dan pilihannya adalah program mitigasi Desa Tembok, Buleleng Bali yang diprakarsai oleh Kepala Desa Dewa Komang Yudi. Selain program yang sesuai dengan niat MGKYM saling bantu di rumah dan usahanya, juga karena perjalanan MGKYM tidak bisa dilepaskan dari pulau itu” tambah Glenn.
Cerita di atas mustinya perlu diteruskan kepada teman-teman yang saat ini sedang memikirkan usaha apa yang ingin mereka lakukan, memulai suatu hal yang baru atau bahkan bangkit kembali berdamai dengan situasi dan berharap ada peluang-peluang yang bisa membantu mereka lakukan untuk menggeliatkan UMKM di nusantara.
Kita yakin sesungguhnya bangsa kita memiliki kekuatannya sendiri, sebagai negara yang memiliki semangat gotong royong yang sudah tumbuh dan berakar di tanah Indonesia. Hal ini menyadarkan kita untuk berperan menyemangati teman, saudara atau rekan meski di situasi yang tidak pasti.