Warnai Dunia Anak

Rayakan Hari Anak Nasional bersama Harian Kompas dengan ikut #WarnaiDuniaAnak. Meski dalam masa pandemi, kita tetap bisa ikut mewarnai dunia anak-anak dengan gembira.

Warna merupakan hal penting bagi perkembangan anak pada usia dini. Berbagai persepsi visual, termasuk warna, biasanya menjadi salah satu sarana untuk membentuk keterampilan dan kecerdasan anak. Dengan bermain warna, anak-anak juga bisa bebas berekspresi.

Pada masa pandemi, dunia anak juga harus tetap penuh dengan warna. Meski dalam waktu yang lama terus berada di rumah saja, kita semua berharap anak-anak tetap merasa gembira.

Edisi Spesial Hari Anak Nasional 2020

Merayakan Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2020, Harian Kompas menerbitkan edisi khusus yang dirancang sebagai collectible item. Pembaca diajak untuk bersama-sama ikut “mewarnai” dunia anak-anak dengan gembira. Halaman depan koran Kompas didesain dengan tema mainan anak dari zaman ke zaman berkolaborasi dengan @pinot.

Ilustrasi dikemas dalam format hitam putih agar bebas diwarnai oleh anak-anak. Lalu, hasil karya anak-anak dapat difoto dan dibagikan di media sosial. Selain ditujukan untuk anak, aktivitas ini diharapkan juga dapat memperkuat ikatan antara orangtua dan buah hati selama menghadapi masa pandemi.

Sembari mendampingi buah hati merwarnai, simak juga informasi 10 permainan dari zaman ke zaman yang juga bisa diceritakan kembali.

Kini saatnya menjadi #KawandalamPerubahan dengan ikut #WarnaiDuniaAnak bersama Kompas, tetap optimistis menyambut dunia yang lebih baik. Ikuti panduan berikut ini:

  1. Dapatkan koran Kompas edisi 23 Juli 2020 dan warnai langsung pola gambar yang ada pada halaman 1 (satu). Warnai pola sesuai kreasi sang buah hati.
  2. Jika ingin mencetak pola secara mandiri, Anda dapat mengunduh pola gambar tersebut di sini.
  3. Jika ingin dalam bentuk pola digital, Anda dapat mewarnainya dengan menggunakan aplikasi menggambar/mewarnai (digital drawing) yang ada di ponsel. Misalnya, ibis Paint X, SketchBook (Autodesk Inc.), MediBang Paint, atau aplikasi lain yang biasa digunakan.
  4. Ajak buah hati foto bersama hasil karyanya, lalu unggah hasilnya di akun Instagram Anda. Lengkapi dengan caption menarik tentang harapan Anda terhadap dunia anak, mention akun @hariankompas, dan sertakan tagar #KawandalamPerubahan #WarnaiDuniaAnak.
  5. Sebagai bentuk apresiasi, tim Harian Kompas akan memilih 8 pengirim foto dengan cerita menarik. Sebanyak 3 karya terpilih akan mendapatkan hadiah berupa sepeda, persembahan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Lalu, 5 karya terpilih lainnya akan mendapatkan hadiah berupa voucer Gramedia senilai Rp 200.000, Buku Filosofi Teras, dan merchandise Kompas.
  6. Pastikan akun Instagram Anda tidak dalam mode privat.
  7. Periode pengiriman foto: 23-30 Juli 2020.
  8. Pengumuman akan dipublikasikan di Harian Kompas edisi 6 Agustus 2020.
  9. Pihak Harian Kompas berhak menggunakan kiriman foto yang diterima untuk dipublikasikan kembali di lembar koran Kompas.
  10. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Selamat mewarnai dan bergembira bersama anak-anak!

Kerabat Kerja

Penyusun: Tarrence Karmelia K Palar, Abigail Pinkan Tridjalmo Achti, Aisyah Rofiatun Ilmani, Cecilia Gandes PW, Debora Laksmi Indraswari, Naomi Aryati Putri, Jordy Prayoga, Tiurma Clara Jessica, Septa Inigopatria | Ilustrator: Wahyu "Pinot" Ichwandardi | Desainer & Pengembang: Ria Chandra, Rino Dwi Cahyo, Frans Yakobus Suryapradipta, Yosef Yudha Wijaya, Deny Ramanda

Suka dengan tulisan yang Anda baca?

Nikmati tulisan lainnya dalam rubrik Tutur Visual di bawah ini.