Imlek, Apakah Harus
Selalu Turun Hujan?

Silahkan ganti orientasi perangkat anda menjadi mode potrait

Laman ini mengandung audio, silahkan nyalakan speaker atau gunakan headset. Klik tombol ”Mute” pada kanan bawah untuk mematikan audio.

Lanjutkan

On

IMLEKApakah Harus Selalu
Turun Hujan?

Akhir pekan ini, tepatnya Jumat, 16 Februari 2018, sebagian warga dunia akan merayakan tahun baru Imlek 2569 Kongzili. Dimulai pada 16 Februari 2018 hingga 4 Februari 2019, warga China dan keturunan Tionghoa di seluruh penjuru dunia akan menjalani Tahun Anjing Tanah.

Kini, mulai terlihat kemeriahan menyambut Imlek di sejumlah tempat. Mayoritas keluarga keturunan Tionghoa sudah membersihkan dan menghias rumah masing-masing, bahkan tempat perbelanjaan seperti mal sudah dipenuhi pernak-pernik khas Imlek.

Imlek atau Sin Cia atau Festival Musim Semi aslinya adalah perayaan petani di China untuk menyambut pergantian musim dingin ke musim semi. Dimulai tanggal 30 bulan ke-12 dan berakhir tanggal 15 bulan pertama.

Acaranya meliputi sembahyang Imlek, sembahyang kepada Sang Pencipta (Tian), dan perayaan Cap Go Meh sebagai wujud syukur, doa, dan harapan agar tahun depan mendapat rezeki lebih banyak, menjamu leluhur, dan silaturahim dengan kerabat dan tetangga.

Turunnya hujan bagi sebagian orang adalah prasyarat saat Imlek.
Tahukah Anda makna dari tradisi-tradisi lainnya?

Turun Hujan

Hari Imlek dulu menjadi penanda berakhirnya musim dingin dan dimulainya musim semi. Hari itu dinantikan karena menandai dimulainya masa tanam. Karena itu, jangan heran bila hujan selalu dinanti di hari Imlek.

Bersih-bersih

Pantang untuk bersih-bersih rumah seperti menyapu pada hari Imlek. Konon katanya, nasib baik dan rezeki akan tersapu bersama sampah tersebut. Sampah-sampah lebih baik dipungut dengan tangan. Bersih-bersih sebaiknya dilakukan sebelum hari Imlek.

Pakaian Cerah

Warna cerah seperti merah, oranye, pink melambangkan keceriaan, sedangkan warna hitam dan putih melambangkan kesedihan dan berduka. Pada awal tahun, pantang bersedih karena dikhawatirkan terus terjadi selama tahun itu.

Benda Tajam

Pada hari Imlek, lebih baik tidak menggunakan benda-benda berujung tajam seperti gunting dan pisau karena dapat mencelakakan. Kecelakaan pada hari Imlek dapat menjadi pertanda kesialan yang akan terus datang sepanjang tahun yang baru.

Potong Rambut

Jika potong rambut sebelum Imlek konon katanya rambut yang terpotong itu sebagai tanda kita membuang kesialan pada tahun sebelumnya. Namun, pantang potong rambut ketika atau sesudah Imlek karena malah seolah memangkas rezeki pada tahun itu.

Makan Bubur

Bubur (cair) merupakan makanan untuk orang yang sedang sakit. Sangat pantang memakan bubur pada hari Imlek karena dapat memberikan kesialan atau penyakit di tahun itu. Lebih baik memakan lontong (padat) yang merupakan lawan dari bubur.

Imlek adalah awal dimulainya tahun yang baru. Dengan demikian, apa yang diperbuat dan terjadi di awal tahun baru dipercaya akan berpengaruh pada peruntungan selama setahun penuh. Tidak heran jika ada banyak pantangan.

Walau demikian, beberapa tradisi ataupun pantangan kini mulai ditinggalkan. Ini karena pola pikir generasi muda sudah mulai modern, di sisi lain transfer budaya tidak terjadi dengan baik.

Anda Sudah Membaca Sebagian dari Konten Ini

Untuk dapat mengakses keseluruhan konten ini, Anda harus berlangganan salah satu paket di Gerai Kompas atau login jika sudah berlangganan. Bagi pengguna baru, daftar dan dapatkan akses bebas ke semua Berita Bebas Akses

Kerabat Kerja

penulis
Iwan SantosaHaryo DamardonoStefanus Osa TriyatnaDeny Ramanda
fotografer
Kartono RyadiTotok WijayantoA HandokoIrene SarwindaningrumWisnu WidiantoroWawan H PrabowoRony Ariyanto NugrohoSoelastri SoekirnoP Raditya Mahendra YasaFerganata Indra RiatmokoErwin Edhi PrasetyaIsmail ZakariaAdrian Fajriansyah
animator
Toto Sihono
ilustrator
Maria Karina PutriToto SihonoGunawan Kartapranata
Editor video
Antonius Sunardi
penyelaras bahasa
Priskilia Bintang
designer & pengembang
Deny RamandaYulius GiannMaria Karina Putri
produser
Haryo DamardonoPrasetyo Eko Prihananto