Ubah orientasi perangkat anda menjadi potret untuk membaca artikel ini
Gim, dari 8 Bit ke Industri Miliaran Dollar
Sejak gim modern pertama kali tercipta pada dekade 1950-an, dengan penciptaan gim ”Ping pong” pada layar osiloskop oleh William Higinbotham, di Brookhaven National Laboratory, gim berkembang menjadi salah satu industri hiburan paling menguntungkan saat ini. Perkembangan perangkat mobile satu dekade terakhir melahirkan generasi baru pemain gim yang membuat industri ini kian booming. Secara ekonomi, pasar industri gim mencapai 151,9 miliar dollar AS pada 2019 dan menjadi 180 miliar dollar AS pada 2021. Gim menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya populer modern.
Mulai
Scroll

Kerabat Kerja

Penulis: Prasetyo Eko Prihananto | Penyelaras Bahasa: Lucia Dwi Puspita Sari | Audio: Vincentzo Calviny Joski | Desainer Grafis: Hans Kristian | Web Desainer & Pengembang: Elga Yuda Pranata, Deny Ramanda | Produser: Prasetyo Eko Prihananto

Menuju Komersialisasi

Industri gim kian melonjak. Setiap konsol yang diproduksi ataupun gim yang dirilis pembuat laku keras hingga jutaan unit. Bahkan, nilai industri gim sudah mencapai belasan miliar dollar AS pada dekade 1980-an.

Lanjut

Industri yang Membesar

Industri gim terus membesar memunculkan sejumlah pemain baru. Perusahaan-perusahaan teknologi, seperti Sony, kemudian disusul Microsoft pun terjun untuk merebut remah-remah roti industri gim.

Lanjut

Gim ”Multiplayer” dan ”Online”

Sifat permainan video gim memicu persaingan di antara para pemain. Pada awalnya, pemain dengan skor tinggi ditandai dengan nama atau inisial di daftar teratas. Pada titik ini, permainan multipemain terbatas pada pemain yang bersaing di layar yang sama. Namun, terciptanya jaringan LAN dan internet kemudian membuat permainan multiplayer kian booming.

Lanjut

Popularitas e-Sport dan Gim ”Mobile”

Popularitas e-Sport (olahraga elektronik) pun melonjak. Kompetisi gim kian mendapat tempat sehingga e-Sport oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) diakui sebagai aktivitas olahraga dan dipertandingkan di ajang olahraga multicabang, seperti Asian Games. Sementara itu, keberadaan ponsel memicu meledaknya industri gim mobile dengan nilai 70 miliar dollar AS pada 2018 atau 51 persen dari pasar gim global.

Lanjut

Menikmati Tutur Visual?

Baca Juga Tutur Visual Lainnya Yang Mungkin Anda Sukai