Sejauh Mana Capaian Infrastruktur Indonesia?
Sejauh Mana Capaian Infrastruktur Indonesia?

I nfrastruktur menjadi salah satu sektor yang digenjot saat ini. Sebagai negara kepulauan, penyediaan infrastruktur akan meningkatkan konektivitas antardaerah, termasuk dengan daerah-daerah perbatasan dan pulau-pulau terluar. Pembangunan infrastruktur yang meningkatkan mobilitas orang dan barang, diharapkan juga mampu meningkatkan produktivitas dan daya saing masing-masing daerah.

Di sisi lain, upaya pemerataan pembangunan infrastruktur diharapkan dapat mengurangi ketimpangan kondisi infrastruktur antardaerah, sekaligus menumbuhkan sentra ekonomi baru di berbagai daerah. Berikut adalah hasil-hasil pembangunan infrastruktur yang menopang konektivitas, telekomunikasi, dan pendukung ketahanan pangan. Disajikan pula perkembangan industri dan kebijakan investasi di berbagai daerah. Selain itu, ada pula perkembangan transformasi digital dan kebijakan terkait.

Perkembangan Infrastruktur

Pembangunan infrastruktur bertujuan meningkatkan mobilitas, produktivitas, dan kualitas hidup masyarakat. Pembangunan infrastruktur yang merata juga dapat mempersempit kesenjangan pembangunan antardaerah.

Jalan dan Jembatan
Jalur Kereta Api
Pelabuhan dan Tol Laut
Bandar Udara
Bendungan

Hingga tahun 2017, ada 43 bendungan yang dibangun. Pada 2019 ditargetkan akan terbangun 65 bendungan di seluruh Indonesia dengan kapasitas tampung sebesar 2,11 miliar meter kubik. Pembangunan bendungan berdampak pada peningkatan pelayanan irigasi waduk sebesar 160.000 hektar. Selain itu, berdampak pada pemenuhan air baku sebesar 3,02 meter kubik per detik dan meningkatkan potensi energi sebesar 145 mega watt.

Energi
Capaian Rasio Elektrifikasi sampai dengan semester I-2018 mencapai angka 97,13% secara nasional.
Telekomunikasi

Dalam perkembangannya, pertumbuhan telepon seluler di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, namun dengan berkembangnya telepon seluler, panggilan ke fixed telephone dan SMS mengalami penurunan, seperti yang dapat terlihat pada tabel dibawah ini :

Infrastruktur di Sejumlah Provinsi
Sebagai salah satu unsur utama dalam pembangunan, keberadaan infrastruktur yang di setiap provinsi berpengaruh pada kemajuan tahapan pembangunan. berikut perkembangan pembangunan infrastruktur di tiap provinsi

Anda Sudah Membaca Sebagian dari Konten Ini

Untuk dapat mengakses keseluruhan konten ini, Anda harus berlangganan salah satu paket di Gerai Kompas atau login jika sudah berlangganan. Bagi pengguna baru, daftar dan dapatkan akses bebas ke semua Berita Bebas Akses

Kerabat Kerja

Penulis: Litbang Kompas diolah dari Kementerian ESDM, BPS, Kementerian Kominfo, Biro Hukum Pemerintah Pusat dan Daerah, Kementerian PUPR, McKinsey | Fotografer: Rony Ariyanto Nugroho, Raditya Helabumi, Totok Wijayanto | Infografik: Novan Nugrahadi, Gunawan Kartapranata, Maria Karina Putri, Hanintya Nindita | Desainer & Pengembang: Elga Yuda Pranata | Produser: Sri Rejeki, Prasetyo Eko Prihananto

Menikmati Tutur Visual?

Baca Juga Tutur Visual Lainnya Yang Mungkin Anda Sukai

19 Desember 2018

Kilas Balik 2018